19 Apr 2015
April 19, 2015

Usaha Bengkel Las

Bengkel Las 0 Comment

Cara Memulai Usaha Bengkel Las

Pada zaman yang sudah modern ini, semakin maraknya usaha bengkel las untuk orang-orang lebih mengandalkan besi sebagai bahan pokok untuk segala perabotan. Mulai dari rumah, kios, masjid hingga gedung tinggi pasti mengandalkan besi agar bisa dipakai hingga bertahun-tahun lamanya. Seperti yang sudah anda ketahui, dengan menggunakan besi, perabotan atau tiang-tiang disetiap bangunan akan lebih kokoh dan juga tahan lama terhadap cuaca. Oleh karena itu, usaha bengkel las sudah menyebar dimana-mana, mulai dari daerah perkampungan hingga daerah kota yang padat penduduk. Bengkel ini bukan hanya sebagai tempat membuat perabotan besi, tapi anda juga bisa memperbaiki segala sesuatu yang terbuat dari besi.

Untuk memulai usaha bengkel memang harus membutuhkan modal yang cukup banyak, oleh karena itu anda bisa bekerja sama terlebih dahulu oleh pengusaha bengkel agar anda bisa mengeluarkan modal yang lebih sedikit. Cara ini tidak termasuk cara curang, namun cara ini dapat juga menguntungkan keduanya. Dengan bekerjasama, anda bisa menjadi bagian marketing dari pengusaha bengkel sehingga konsumen yang anda dapatkan akan membeli ke pengusaha bengkel las yang bekerjasama dengan anda. Apabila anda berhasil mendapatkan konsumen, maka anda akan mendapatkan uang dari konsumen yang dapat anda bagi rata kepada sang pengusaha. Pengusaha bengkel pun juga akan mendapatkan keuntungan dari konsumen yang anda cari.

Baca juga : Bengkel Las Jakarta Terbaik

Selanjutnya, jika anda sudah memiliki uang yang cukup untuk membeli segala peralatan bengkel dan pengetahuan yang cukup tentang bengkel las, barulah anda bisa memulai usaha bengkel dari awal. Peralatan bengkel las yang anda perlukan adalah peralatan obeng, kunci, palu, paku, alat ukur meteran, gunting khusus besi, mesin gerinda, kabel mesin kompresor , mesin trafo las dan lainnya yang dapat mencapai Rp 6.000.000. Dengan lengkapnya peralatan tersebut anda bisa membuat segala pesanan pelanggan dengan baik. Setelah memiliki peralatan, anda juga harus memikirkan tempat yang strategis. Apabila anda memiliki rumah di dekat jalan raya, itu sangat membantu anda untuk membuka usaha bengkel dirumah. Namun apabila daerah rumah anda termasuk sepi, maka sebaiknya anda menyewa ruko dengan letak yang strategis.

Cara Memulai Usaha Bengkel Las

Modal awal untuk memulai usaha bengkel las memang tidak murah, oleh karena itu anda harus benar-benar mempersiapkan diri serta keuangan untuk tetap melanjutkan usaha yang telah anda fikirkan. Jika anda sudah niat dan semangat untuk memiliki usaha bengkel, maka anda juga harus tetap bertahan dengan segala kesusahan yang akan anda hadapi. Walaupun anda harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit, tetapi anda juga akan mendapatkan keuntungan yang besar jika usaha anda sudah dikenal memiliki kualitas baik dan dipercaya oleh konsumen. Biasakanlah mengutamakan kualitas barang daripada kuantitas karena dengan kualitas yang baik maka pelanggan juga akan memberikan pesanan dengan kuantitas yang banyak di bengkel las anda.