Hal-Hal yang Harus diperhatikan Saat Memilih Teralis Jendela dan Teralis Pintu

Bagi Anda yang sedang membangun rumah baru atau merenovasi rumah tinggal, terkadang bingung saat memilih model dan warna teralis jendela minimalis dan teralis pintu. Memang, model dan warna teralis jendela minimalis atau klasikpun, kini makin bervariasi.

Ya, meski fungsi utamanya melindungi isi rumah dari pencurian, kini teralis juga menjadi elemen untuk melengkapi dekorasi jendela dan pintu. Sebelum memilih teralis, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar pengaplikasiannya tepat guna.

1. Ukuran teralis jendela atau teralis pintu yang tepat

Perlu diperhatikan, bahwa terkadang setiap pintu dan jendela tidak memiliki ukuran yang sama. Jika ada selisih 0,5 cm antara teralis dengan lebar jendela maka dapat berpengaruh terhadap kerapian pemasangan teralis. Dalam memasang teralis jendela maupun teralis pintu perlu kecermatan supaya desainnya mampu menutupi lubang agar aman.

2. Material teralis yang digunakan

Dalam hal ini, Anda harus menyesuaikannya dengan karakter desain rumah. Untuk rumah yang memiliki desain minimalis, gunakan besi tempa, besi cor atau baja konstruksi untuk teralis jendela minimalis. Namun jika konsep desainnya adalah tradisional atau etnik, gunakan teralis berbahan kayu.

3. Motif teralis jendela

Selain memperhatikan bahan baku, perhatikan juga motif atau model design dari teralis. Design teralis jendela minimalis, cocok digunkan untuk rumah yang didesain minimalis ataupun klasik. Namun motif teralis jendela klasik, tidak cocok jika dipasang pada rumah bergaya minimalis.

Selain itu, gunakan teralis bentuk horizontal apabila tirainya memakai horizontal blind. Selain itu, bentuk vertikal jika tirainya menggunakan vertikal blind.

4. Warna teralis jendela dan pintu

Warna teralis jendela dan teralis pintu harus dikombinasikan antara bentuk jendela, kusen, dan gorden. Pilih warna yang senada dan memiliki karakter yang memperkuat gaya arsitekturnya. Tidak harus berwarna sepadan dengan jendela, kita bisa memilih warna senada dengan tirai.

5. Harga teralis

Selanjutnya, pertimbangkan pula harga teralis. Artinya, meski harga teralis bukan pertimbangan utama, untuk harga lebih murah bisa pilih teralis kayu. Tetapi, risikonya besar karena tidak terlalu kuat dan mudah dibobol. Sementara, teralis besi lebih mahal tapi kuat. Bentuknya pun bisa diolah bermacam-macam. Kisaran harga teralis besi tempa yaitu Rp200.000 hingga Rp500.000 per meter.

Jika Anda sedang mencari teralis jendela minimalis ataupun klasik untuk mempercantik rumah Anda, silahkan hubungi Baja Konstruksi untuk mendapatkan harga terbaik dari kami.

Leave a Reply